Kamis , Oktober 17 2019
Home / TRAVELING / Danau Situ Gunung Sukabumi, Mahakarya sang “Buronan”

Danau Situ Gunung Sukabumi, Mahakarya sang “Buronan”

penceritadunia danau situ gunung8

Pencerita Dunia (PD) – Jakarta. Danau situ gunung.
Situ dalam bahasa Sunda berarti Danau. Jadi Situ Gunung berarti Danau di Gunung.
Danau Situ Gunung ini pada awalnya adalah tujuan utama dari para wisatawan saat datang ke Kawasan Wisata Situ Gunung Sukabumi ini. Sebuah danau yang mampu memesona pengunjungnya dengan keindahan alam dan hawa pegunungan yang sejuk.

Selain pemandangannya yang memikat, kalian juga akan terpesona dengan sejarah terbentuknya danau Situ Gunung ini, tentang bagaimana kalian bisa menciptakan momen-momen magic di waktu-waktu pilihan dan kegiatan apa saja yang mungkin kalian lakukan di kawasan danau ini.

1. Sejarah Danau Situ Gunung

Di balik pemandangannya yang menawan, terdapat sebuah kisah yang cukup melegenda tentang asal muasal danau Situ Gunung ini.

Menurut warga setempat, danau ini ada danau buatan. Buatan seorang “buronan”

Menurut penuturan warga setempat, danau ini dibuat oleh seorang bangsawan Mataram yaitu Mbah Jalun (Rangga Jagad Syahadana) yang melarikan diri bersama istrinya (asal Kuningan, Jawa Barat) karena dikejar oleh Belanda pada tahun 1800-an.

Sebelum tiba di Sukabumi (melalui jalur Cianjur), Mbah Jalun sempat bersembunyi agak lama di kesultanan Banten setelah sebelumnya bersembunyi di beberapa kesultanan di Jawa Tengah. Karena merupakan buronan, jalan yang dilalui kebanyakan jalanan di hutan yang dia buka sendiri. Salah satunyu jalan yang melewati Gunung Gede Pangrango dan Gunung Masigit.

Akhirnya, Mbah Jalun berhenti di salah satu lembah yang dialiri sungai yang sangat jernih di kaki Gunung Pangrango dan memutuskan untuk menetap di tempat tersebut.

Pada tahun 1814, mereka dikarunia satu orang putra yang bernama Rangga Jaka Lulunta. Dan sebagai bentuk rasa syukur, dengan menggunakan alat-alat yang sederhana, selamat 7 hari Mbah Jalun membuat danau kecil, yang akhirnya diberi nama Situ Gunung.

penceritadunia danau situ gunung

Sad Ending. Belanda pada akhirnya mengetahui keberadaan Mbah Jalun. Meski kagum dan takjub pada keindangan danau buatan tersebut, Belanda tetap menangkap Mbah Jalun serta menjatuhi hukuman gantung. Namun, sebelum hukuman yang rencananya dilakukan di Alun-alun Cisaat, Mbah Jalun berhasil melarikan diri dan wafat tahun 1841 di daerah Bogor.

Hingga saat ini, keberadaan kuburan Mbah Jalun masih dirahasiakn oleh keluarga atau keturunannya.

Baca juga : Curug Sawer, Air Terjun Eksotis Berlatar Mistis.

2. Letak Danau Situ Gunung

Danau Situ Gunung terletak di Kawasan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BB TNGGP). Kawasan ini terletak sekitar 850 Mdpl di kaki Gunung Gede Pangrango dan berada di kompleks Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) serta mempunyai kawasan wisata seluas hampir 100 Ha.

Kawasan yang berada di kaki Gunung Pangrango ini lebih dikenal sebagai Kawasan Wisata Situ Gunung Sukabumi.

Secara administratif kawasan wisata Situ Gunung ini berada di Kecamatan Kadu Dampit, kira-kira 16 Km di sebelah Barat Laut Kota Sukabumi.

Danau Situ Gunung terletak kurang lebih 1 Km dari gerbang utama Kawasan Wisata Situ Gunung Sukabumi. Dari gerbang ambil ke kiri dan di sana ada gerbang khusus menuju ke Danau. Ikuti saja papan petunjuk yang ada.

penceritadunia danau situ gunung9

Jika kalian menggunakan mobil atau kendaraan besar seperti Bus, maka Bus akan diparkir di tempat parkir yang cukup luas di sebelah kanan setelah pintu gerbang, atau di luar kalau parkirannya penuh.

Untuk yang naik motor, kalian bisa masuk menuju ke parkiran yang ada di area menuju ke danau. Setelah gerbang utama belok ke kiri, kemudian kira-kira 600 meter dari gerbang danau, terdapat parkiran khusus sepeda motor.

Atau… kalau kalian enggak mau jalan kaki, kalian bisa naik ojeg yang ada di sana. Tapi, untuk jalan kaki sebenarnya sudah cukup nyaman, karena jalan sudah di aspal rapi dan ada bonus pemandangan keren di kiri dan kanan sepanjang perjalanan.

3. Waktu Terbaik ke Danau Situ Gunung

Waktu paling tepat untuk menikmati danau Situ Gunung ini adalah saat sunrise dan sunset. Kenapa? Karena cuacanya bagus banget untuk mengambil foto.

Terlebih di saat sunrise, pancaran sinar matahari pagi, berlomba masuk menembus kabut putih halus bagaikan kelambu yang menyeluti permukaan danau. It’s so magic!

penceritadunia danau situ gunung

Jadi kalau kalian ingin menikmati waktu-waktu magic tersebut, disarankan untuk datang saat subuh dan pulang setelah waktu Maghrib, atau disarankan untuk berkemah sekalian di Camping Ground,  yang banyak tersedia di kawasan wisata Situ Gunung.

4. Aktifitas di Danau Situ Gunung

Lantas, aktifitas seru apa saja sih yang bisa kita lakukan di Danau Situ Gunung ini?
Tentu saja… untuk tempat seindah ini kita bisa melakukan banyak hal.

a. Foto-Foto dan Nge-Vlog

Ah, untuk zaman sekarang kegiatan ini sudah reflect  atau kalau anak-anak bilang mah ini auto action n cekrek.

Ya… ada banyak spot keren yang bisa kalian temukan. Danau yang diselimuti, seperti; kabut tipis nan mistis, danau berlatar hutan dan warna jingga senja, pohonan besar di pinggir danau, perahu bambu (getek) yang menawarkan posisi eksotis, jembatan kecil menjorok ke danau, dan lain-lain. Semua pasti bikin kalian puas.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by ekasiregar (@bangekasiregar) on

b. Piknik di Danau Situ Gunung

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), piknik/pik·nik/ v, berarti bepergian ke suatu tempat di luar kota untuk bersenang-senang dengan membawa bekal makanan dan sebagainya. Nah, intinya wisara sambil bawa makanan dari rumah.

Area di sekitar danau ini cocok banget untuk piknik sama kawan-kawan atau keluarga. Segera pasang alas duduk yang kalian bawa dari rumah. Keluarkan makanan lezat yang kalian tenteng dari rumah, lantas tata sedemian rupa agar lebih nikmat disantap di tengah alam yang sejuk.

penceritadunia danau situ gunung4

Kalau kalian tidak membawa tikar kalian bisa sewa di sini. Begitupun kalau kalian tidak membawa makanan, kalian bisa beli di beberapa warung makanan yang ada di area sebelum masuk danau dan di parkiran mobil dekat gerbang utama.

Kalian juga tidak perlu khawatir hujan, karena di sini juga sudah tersedia tempat duduk-duduk yang sudah diberi atap dan menghadap ke danau. So… Aman.

c. Naik Rakit Bambu (Getek)

Untuk mengisi waktu dan sekedar berfoto-foto, di sini juga ada beberapa getek yang disewakan untuk mengelilingi danau sampai puas. Cukup keluarkan duit sekitar 100 ribu per orang untuk 7 orang (harga Mei 2019).

Perahu ini akan digerakkan oleh abang-abang tukang perahu dengan mendorong 1 buah bambu panjang yang ditancapkan ke dasar danau.

penceritadunia danau situ gunung5

d. Memancing

Mungkin kalian punya hobi memancing. Nah, kalian bisa menyalurkan hobi kalian di sini. Namun jangan lupa, kalian juga harus membawa perlengkapan memancing sendiri. Karena keliahatannya tidak ada orang yang menyewakan alat memancing di sekitar danau ini.

Cukup banyak yang memancing di danau ini. Ikan hasil tangkapannya pun lumayan besar-besar. Lumayanlah untuk bahan lauk bakar-bakar kalau kita berkemah di sini.

penceritadunia danau situ gunung6

e. Ikut Loop Trail

Loop Trail ini adalah jalur treking mengelilingi danau. Untuk kalian yang gemar kegiatan menantang, pasti akan suka dengan jalur hiking ini. Jalurnya tidak berbahaya, karena sudah dijadikan salah satu jalur wisata.

Kalian akan dimanjakan oleh pemandangan flora dan fauna khas Situ Gunung di sepanjang 1,9 Km rute yang ada, yang bisa kalian lalui selama kira-kira 1,5 jam.

Sebagai bonusnya, kalian akan menemui Curug Cimanaracun yang akan diceritakan terpisah.

penceritadunia danau situ gunung7

f. Borong Souvenir

Sebagaimana umumnya lokasi wisata, maka di sekitar danau ini pun kalian akan menemukan beberapa warung yang menjual souvenir. Meski demikian, mereka cukup tertib, sehingga kenyamanan para pengunjung bisa terjaga dengan baik.

5. Transportasi dan Biaya

Karena berada di kawasan wisata Situ Gunung Sukabumi, maka rute transportasi untuk menuju ke Danau Situ Gunung, patokannya adalah kawasan wisata Situ Gunung tersebut.

Untuk menuju ke Situ Gunung, kita bisa menggunakan beberapa cara:

Pertama, dengan kereta api.
Dari Stasiun Paledang Bogor ambil kereta dengan tujuan Sukabumi (Kereta Pangrango) dan turun di Stasiun Cisaat. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan Angkutan Umum (Angkot) menuju Polsek Cisaat, dan selanjutnya ganti angkot menuju ke Situ Gunung.

Kedua, dengan bus atau elf.
Dari Terminal Baranang Siang Bogor ambil Bus/Elf ke arah Sukabumi, kemudian turun di pertigaan Cisaat. Selanjutnya naik angkot ke Situ Gunung

Total biaya transport dan tiket masuk kedua cara tersebut di atas adalah sekitar 50 rb s.d. 90 ribu-an per orangnya. (Harga per Mei 2019)

Baca perhitungan biaya dan info rute selengkapnya di: Rute Transportasi dan Biaya ke Situ Gunung

6. Info / Catatan Penting

Bagi kalian yang hendak berkunjung ke tempat ini, berikut beberapa info yang pasti penting untuk diketahui:

  • Di semua lokasi wisata yang ada di Situ Gunung, banyak sekali penjual makanan, termasuk di daerah Danau Situ Gunung. Jadi kalian enggak usah khawatir mengenai makanan. Kecuali jika kalian berkemah, jangan lupa membeli persediaan untuk makan malam, karena semua tempat makan tutup jam 6 sore.
  • Kereta api jurusan Sukabumi sudah cukup bagus. Namun ingat, agar jauh-jauh hari membeli tiket, karena gerbong masih sedikit dan penumpangnya banyak.
  • Angkot tidak selamanya ada, terutama di sore hari. Namun jangan khawatir, saat ini sudah banyak ojek online di daerah Cisaat dan Situ Gunung.
  • Usahakan membawa jas hujan (karena di daerah ini seringkali turun hujan) dan mengenakan sepatu yang nyaman untuk daerah bertanah dan berkontur tidak rata. Kalau berkemah, usahakan pula membawa sendal jepit.
  • Camping Ground cukup banyak, namun demikian usahakan pesan jauh-jauh hari, karena pengunjung banyak, terutama di hari libur.
  • Untuk yang berkemah, wajib membawa jaket tebal, karena suhu malam hari sangat dingin.
  • Sinyal HP kurang baik. Itupun hanya Telkomsel yang kadang bisa (per Mei 2019)

Have a nice holiday. (Pencerita Dunia)

Baca juga : Curug Sawer, Air Terjun Eksotis Berlatar Mistis.

About Pencerita Dunia - Eka Siregar

Halo.. panggil Bang Eka aja ya.. pada dasarnya saya senang jalan-jalan, makan dan mengerjakan atau mencoba hal-hal baru. Nah, di sini saya coba bagi ke teman-teman apa-apa yang telah saya lihat, dengar, dan rasakan sendiri. Silahkan dibaca-baca ya..

Check Also

PenceritaDunia - Pesona Ranu Kumbolo 5

Terpesona Ranu Kumbolo, Si Gendut Naik Semeru

Perjalanan Ranu Kumbolo, bukan hanya sebuah cerita bagi saya. Perjalanan ini mengajarkan saya bagaimana cara …

80 comments

  1. Cantik banget danaunya… Segerrr.
    Hijau memanjakan mata…Aku dah pernah sih ke curug sawer area sukabumi.. tapi oas itu kok ya nggak mampir ke situ gunung. Akankah ke Sukabumi lagi.. kangen sama temen-temen disana

  2. Wah jadi makin pengen kesana dh.. hahah
    Makasih infonya Bang.. sungguh sangat bermanfaat syekalii.. ^_*

  3. Infonya lengkap sekali, dan fotonya sukses bikin mupeng pengen ke Situ Gunung.

  4. Ini sih blog panutan yah, infonya lengkap dan sekalian bisa belajar KBBI juga.
    Suasananya masih asri, berkabut, bisa refresh dan recharge otak aku dari kepenatan di hiruk pikuk ibukota.
    Terima kasih sharingnya Bang Eka.

  5. Danau Situ Gunung sudah lebih terorganisir. Dulu belum ada pos tiket. Jadi kalau mau masuk, ya masuk aja. Hehe….

    Semoga lebih terjaga keasriannya, dan semoga bisa mengunjungi kembali danau Situ Gunung suatu saat nanti. Terimakasih Babang, sudah berbagi cerita ini 🙂

  6. Gara-gara tulisan ini jadi penasaran ke Situ Gunung, lengkap banget informasinya bikin orang penasaran ke tempatnga

  7. Aaaa jadi pengen nge.camp di sini, terus subuh2 foto dan naik gete seru banget nih kayaknya…

  8. Kerren sekalii yah..
    Jadi pengen deh camping di situ gunung, pemandangannya bagus pula. 😍😍

  9. Seru banget camping di sini pasti nih… Keren banget view-nya. Info tentang Danau Situ Gunung nya lengkap banget, Bang. Thank you for sharing this!

  10. Wah, keren ya danau situ gunung, biaya kesana pun murah. Tulisan babang lengkap banget nih, jadi ingin kesana nantinya

  11. Saya pernah camping di Situ Gunung..waktu itu jembatan fenomenalnya masih belum selesai pembangunannya. Mau kesana lagi nanti.

  12. Wah nice info banget nih bang. Pernah ke kawasan ini tapi belum sampek ke Danau Situ Gunungnya hehe. Semoga next sampek hehe.

  13. whoaaaa gokil mas
    Keren banget!!!
    Saya mesti meluangkan waktu untuk menikmati hari barang sehari disini nih

  14. Ternyata Situ Gunung punya cerita menarik dibalik keindahannya.
    Memang benar perlu jas hujan, karena waktu saya ke Jembatan Situ Gunung, hujannya lumayan deras juga.

  15. Gambar & cara berceritanya klop bikin penasaran mau ke situ gunung. Belum pernah naik gethek jadi penasaran sensasinya. Semoga suatu saat kesampaian.

  16. Keren banget dibangun selama 7 hari di era 1800an! Pake teknologi apa ya, dan kira-kira dikerjakan berapa orang ya…

    Asyik ternyata ada rakit.
    Stasiun Paledang itu cuma dilewati kereta api lokal ya?

  17. Walau tinggal di Jakarta, tapi saya belum pernah ke Sukabumi, lho. Tiap kali baca artikel tentang tempat wisata di Sukabumi, pasti jadi ingin jalan ke sana.

  18. Situ gunung ranukumbolonya Sukabumi

  19. cakep banget pemandangannya jadi pengen ke sana. ternyata gampang ya dari bogor tinggal naik kereta yg ke sukabumi 🙂

  20. Thanks infonya buat loop trail..
    Cocok buat yg kangen nanjak tp ngga dapet cuti atau mengenalkan hiking ke anaknya 🙂

  21. PAS banget ini mau trip ke danau situ gunung. Tulisannya membantu sekali.

  22. Wih, bagus sekali komposisi penulisannya. Jelas dan rinci
    Yang mau ke situ gunung pasti mendapat semua infonya di tulisan ini.

    Terima kasih ya om susah berbagi 🙂

  23. Sering ke Sukabumi tapi akuh belum pernah piknik ke danau ini, nggak jelek kan ya jalanannya kak..insya Allah mudik pengen kesini ahh..terima kasih infonya, kayaknya asyik buat berkemah ya

  24. Pagi hari viewnya magis banget ya mas. Misty banget dengan kabut tipis. Aku punya beberapa teman tinggal di sukabumi, kapan2 mampir deh sekalian sowan ke rmh temenku.

  25. Udah lama pengen kesini tapi takut dijalan kena macet 😀 katanya kalo weekend rame banget disini yaa bang eka?

  26. Lihat fotonya Bang Eka koq aku auto kedinginan. Harus siap jaket dan jas hujan kali yah. Btw…ada penampakan gak sih? Hehe…

  27. teman2 kuajak ke Situ Gunung pada maju mundur aja nih..,
    dari dulu padahal , pengen sendiri aja ke san kok ya nggak berani he.. he..
    coba aku kasih lihat positngan abang ini, pasti mupeng foto2 cantik misterius di sini deh

  28. Dari tahun 2018 semenjak diposting sama Bapak Ridwan Kamil kepingin ke sini namun sampai detik ini belum juga kesampaian.
    Mana ini baca dan liat foto-foto ditulisan ini semakin mikir, “ih kenapa ngga jadi2 sih..” 😅

  29. Bagus sekali pemandangannya ya. Lagi hits ini. Pengen kesini tapi sebaiknya kemah ya kalau mau liat pemandangan pagi yg magical ituh

  30. Wah pemandangannyaa…. Indonesia memang indah banget..! banyak ya pilihan wisatanya di Situ Gunung.. bisa ketemu fauna apa bang di jalur trekking? Pasti seru banget

  31. Wisata yang asik dengan pemandangan indah, serta nggak jauh pula bisa aja sekalian ngabuburit

  32. Klo ikut loop trail, jalurny udah jelas? Atau harus pakai gyiee?

  33. Terbaik memang. Infonya lengkap plus fotonya bikin ngiler pengen kesana.. Terimakasih tulisannya Bang Eka

  34. Wah bagus bangets ini Danau Situ Gunug
    Kalau enggak camping, apakah sudah ada penginapan di sekitar kawasan, jadi masih bisa kekejar sunrise-nya, Bang? Ataupun nungguin sunset biar enggak kemalaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.