Sabtu , Juni 15 2019
Home / TRAVELING / 5 Fakta dan Info Lengkap Jembatan Gantung Situ Gunung

5 Fakta dan Info Lengkap Jembatan Gantung Situ Gunung

Pencerita Dunia (PD) – Jakarta.
Kabut putih masih menghampar tipis di setiap pucuk pohon damar, rasamala, puspa dan aneka pohon tinggi besar yang tumbuh menjulang dari dasar jurang di bawah Jembatan Gantung Situ Gunung.

Sudah jam 7, tapi sinar matahari masih terlihat berusaha menerobos daun-daun yang melindungi lumut-lumut yang tumbuh menyelimuti batang pohon dan bebatuan di jurang yang terhampar di bawah jembatan.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by PeDe • Pencerita Dunia • (@bangekasiregar) on

Saya menghirup udara sejuk dan segar dalam-dalam, berebut dengan macan tutul, kijang, kera, babi hutan, jaralang, ayam hutan, trenggiling, surili, dan burung tekukur yang berkeliaran di hutan suaka ini. Oksigen murni, segar, yang jarang sekali didapati di perkotaan.

Jembatan Gantung Situ Gunung adalah salah satu lokasi wisata di Sukabumi, yang sejak akhir 2018 banyak sekali didatangi para wisatawan baik tua maupun muda. Selain hasil fotonya yang sangat Instagramable, Jembatan Gantung Situ Gunung ini termasuk jenis wisata yang memacu adrenalin.

Digadang-gadang sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara, Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi ini, tentu saja semakin menambah penasaran orang untuk datang mengunjunginya.

1. Asal Mula Jembatan Gantung Situ Gunung

Pada awalnya saya berpikir kalau jembatan ini dulu dibangun untuk hal-hal tertentu yang berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat di sana. Misalnya untuk mempersingkat jalur transportasi antar kampung. Namun ternyata bukan. Jembatan ini dibangun semata-mata memang hanya untuk pariwisata saja.

Jembatan ini dibangun sebagai penghubung ke Curug Sawer, agar kita bisa lebih dekat dan cepat mendatangi curug tersebut.

Baca juga : Curug Sawer, Air Terjun Eksotis Berlatar Mistis.

jembatan gantung situ gunung - penceritadunia2

Meski sempat menuai banyak protes karena pembangunannya sempat harus menebang 16 pohon besar yang ada, pada kenyataan, saat ini jembatan ini mendatangkan banyak keuntungan bagi masyarakat sekitar.

Tingkat kunjungan yang cukup tinggi, bisa sampai seribu pengunjung perhari, meningkatkan pula pendapatan para pedagang, losmen/hotel sekitar, ojeg dan bahkan menambah pekerjaan baru bagi para warga sekitar. Bahkan banyak juga yang bekerja di perusahaan pembuat jembatan.

2. Beberapa Fakta Tentang Jembatan Gantung Situ Gunung

a. Terpanjang se-Asia Tenggara

Dengan panjang 243 meter, lebar 1,2 meter, dan tinggi 107 meter, jembatan ini menjadi jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara dan tentunya di Indonesia. Satu hal lagi yang membanggakan bangsa kita dan bertambah lagi 1 (satu) tujuan wisata yang bertaraf internasional di Indonesia.

jembatan gantung situ gunung - penceritadunia1
Jembatan gantung Situ Gunung diambil dengan drone. (Foto milik pengelola)

Pembangunan pun dilakukan dengan tidak main-main. Fasilitasnya pun lengkap sekali (baca di bagian tersendiri di bawah) dan akan dibangun pula 1 buah BTS untuk memperlancar komunikasi dari daerah Situ Gunung ini.

b. Pembangunan tidak lebih dari 1 tahun

Jembatan gantung Situ Gunung ini dibangun oleh PT Fontis Aqua Vivam yang bekerja sama dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Proyek pembangunan jembatan dimulai pada Mei 2017.

Meskipun pembangunannya tidak menggunakan alat berat, pembangunan jembatan ini bisa diselesaikan dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun, yaitu selama sekitar 4 bulan. Pembangunan jembatan gantung ini sempat terhenti, karena menunggu pengiriman bahan-bahan yang sebagian besar berasal dari luar negeri.

jembatan gantung situ gunung - penceritadunia6
Peresmian Jembatan Gantung Situ Gunung. (Foto : situgunungbridge.com)

Pada akhirnya, jembatan gantung Situ Gunung ini, resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan pada tanggal 9 Maret 2019, setelah sebelumnya sempat dilakukan pembukaan sementara pada tanggal 15 hingga 30 Juni 2018.

c. Bahan terbaik

Demi kualitas dari jembatan gantung ini, maka dipilihlah bahan-bahan terbaik. Jembatan gantung ini terbuat dari kayu merbau dan kayu ulin dari papua. Pemilihan kayu ini bukan tanpa alasan. Ulin atau kayu besi, dipilih karena tahan terhadap perubahan suhu, kelembaban, tidak mudah dimakan rayap, dan sifat yang sangat berat serta keras.

jembatan gantung situ gunung - penceritadunia3

Selain pemilihan kayu, agar jembatan menjadi lebih kokoh maka digunakanlah 5 buah sling kawat baja yang terpasang kokoh dan masing-masing ujungnya berada di tepi tebing.

d. Keamanan dan kenyaman jembatan gantung Situ Gunung

Saking terkenalnya jembatan ini, apalagi media sosial membantu memviralkan jembatan gantung ini, maka jumlah pengunjung yang datang ke jembatan ini pun cukup ramai. Bahkan sangat ramai. Jika pada hari biasa saja yang datang bisa 500 s.d. 1.000 pengunjung maka di hari libur pengunjung yang datang bisa mencapai 5.000 s.d. 10.00 orang per hari.

jembatan gantung situ gunung - penceritadunia5
Pengelola menyediakan ruang tunggu untuk antrian. (Foto : infosmi.id)

Oleh sebab itu, meskipun jembatan gantung yang berbobot 55 ton ini mampu menahan beban sampai sekitar 150 orang, pihak pengelola pada akhirnya membatasi hanya 40 orang saja yang bisa masuk untuk 1 kali lewat di jembatan gantung ini.

Hal ini menimbulkan antrian yang cukup panjang jika hendak menyeberangi jembatan gantung ini. Akan tetapi hal ini penting, demi keamanan dan awetnya usia jembatan gantung ini.

jembatan gantung situ gunung - penceritadunia4
Sabuk pengaman yang wajib dikenakan sebelum melewati jembatan gantung Situ Gunung. (Foto : infosmi.id)

Sebelum melewati jembatan, pengunjung wajib menggunakan sabuk pengaman yang disediakan di gerbang masuk. Sabuk yang dilengkapi dengan pengait dan dikenakan dipinggang ini, dapat dipasangkan di pegangan yang ada di sepanjang jembatan, untuk berjaga-jaga jika suatu waktu terjadi tubulensi.

Demi keselamatan dan kenyamanan pengunjung, jembatan ini pun telah disertifikasi dan lulus uji beban yang dilakukan oleh Kementrian PUPR.

e. Biaya pembangunan jembatan gantung Situ Gunung

Menurut informasi dari petugas jembatan gantung Situ Gunung tersebut, anggaran untuk pembuatan jembatan gantung situ gunung berkisar dari 3 (tiga) sampai 4 (empat) Milyar rupiah.

Hal ini tidak mengherankan, mengingat bahan yang dipakai adalah bahan-bahan terbaik dan sebagian besar didatangkan dari luar negeri.

jembatan gantung situ gunung - penceritadunia11
Gerbang menuju Jembatan Gantung Situ Gunung

 3. Fasilitas Jembatan Gantung Situ Gunung

Karena dikelola oleh pihak swasta, pengunjung harus membeli tiket khusus untuk masuk jembatan gantung ini. Ini berbeda dengan tiket masuk yang harus dibeli di pintu gerbang kawasan Situ Gunung yang dikelola Pemda Sukabumi.

jembatan gantung situ gunung - penceritadunia13
Tiket masuk, Tempat pembelian tiket masuk jembatan, tempat scan masuk jembatan gantung Situ Gunung

Info lengkap tentang tiket-tiket di kawasan Situ Gunung dapat dibaca di sini :
Rute Transportasi dan Biaya ke Situ Gunung

Dengan biaya tersebut para pengunjung mendapatkan beragam fasilitas, sebelum dan sesudah melewati jembatan gantung dan mengunjungi curug sawer, seperti yang ditulis di bawah ini :

a. Welcome drink

Setelah memindai tiket yang ada di pintu masuk, maka kurang lebih 200 meter pengunjung akan tiba di area welcome drink.

Pengunjung akan disambut oleh penerima tamu yang memakai pakaian tradisional sunda. Setelah menandai bagian Welcome Drink di tiket, kita akan dipersilahkan untuk mengambil kopi atau teh manis dengan 1 cangkir kaleng. Selain itu tersedia juga rebusan pisang dan singkong sebagai teman setia minuman yang ada.

jembatan gantung situ gunung - penceritadunia12

Pengunjung bisa ambil berulang dan bisa juga mengambil makan dan minumnya pada saat mau pulang, tentu saja tiket untuk welcome drink-nya jangan ditandai dulu. Kalau saya memilih belakangan. Soalnya lebih enak dan nyantai minum kopi dan makan pisangnya, sambil istirahat setelah lelah dari Curug Sawer.

b. Ampitheater

Sambil menikmati makanan dan minuman welcome drink, para pengunjung bisa menikmati aneka kesenian tradisional Sunda. Hiburan tersebut bisa kita nikmati di lokasi khusus yang disiapkan dari gerbang tempat kita mengambil makanan dan minuman.

jembatan gantung situ gunung - penceritadunia7
Penulis, menikmati welcome drink di ampitheater.

Ada satu area yang cukup luas dan instagramable sekali. Bagaimana tidak, bangkunya terbuat dari potongan kayu gelondongan, disusun panjang agak melengkung, dan berundak layaknya sebuah bangku teater pertunjukan. Di  bagian depannya terdapat sebuah panggung besar, tempat para seniman mempertunjukkan kemampuannya dalam berkesenian.

jembatan gantung situ gunung - penceritadunia8
Panggung Theater

Dan ini semua, bisa kita nikmati di alam terbuka, di tengah hutan yang rindang.

c. Restoran

Tidak jauh dari lokasi pertunjukan tadi, kira-kira 20 meter di depannya, ada 1 buah restoran, yaitu Da’Balcone Resto, yang didirikan dipinggir jurang. Restoran yang menyediakan aneka makanan khas Sunda ini, merupakan salah satu spot yang sering diserbu oleh para pengunjung.

jembatan gantung situ gunung - penceritadunia9
foto : situgunungbridge.com

Hanya dengan bermodalkan 1 gelas minuman yang tidak mahal, kita bisa berfoto-foto dengan latar jembatan gantung yang fenomenal tersebut atau rimbunnya hutan. Dari restoran, kita bisa melihat dengan jelas, kemegahan jembatan yang terbentang di atas jurang yang sangat dalam, menghubungi 2 bukit yang ada.

Restoran yang terbuat dari kayu-kayu ini, memang cocok sekali dipakai untuk beristirahat setelah seharian bermain di jembatan dan Curug Sawer.

Ngomong-ngomong kalau mau singgah foto-foto di restoran ini gratis kok dan enggak harus beli makanan dan minumannya dulu… hehehe…

d. Fasilitas Umum

Sebagaimana layaknya lokasi bertaraf internasional, maka lokasi ini dilengkapi pula oleh fasilitas umum yang cukup lengkap, seperti parkiran yang luas, toilet, mushola dan tempat sampah yang cukup banyak tersedia.

jembatan gantung situ gunung - penceritadunia10
Salah satu parkiran dan toilet. (Foto : infosmi.id)

Selain itu, untuk menjamin kenyamanan dan kesehatan wisatawan, dilakukan juga penataan arus lalu lintas, penyediaan posko kesehatan parawisata, posko pam disetiap objek wisata Situ Gunung dan menyiagakan personel tiga pilar.

3. Lokasi Jembatan Gantung Situ Gunung

Danau Situ Gunung terletak di Kawasan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BB TNGGP). Kawasan ini terletak sekitar 850 Mdpl di kaki Gunung Gede Pangrango dan berada di kompleks Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) serta mempunyai kawasan wisata seluas hampir 100 Ha.

Kawasan yang berada di kaki Gunung Pangrango ini lebih dikenal sebagai Kawasan Wisata Situ Gunung Sukabumi.

Secara administratif kawasan wisata Situ Gunung ini berada di Kecamatan Kadu Dampit, kira-kira 16 Km di sebelah Barat Laut Kota Sukabumi.

penceritadunia danau situ gunung9

Jembatan gantung Situ Gunung terletak kurang lebih 1 Km dari gerbang utama Kawasan Wisata Situ Gunung Sukabumi. Dari gerbang utama kawasan Situ Gunung, jika ke kiri ke arah Danau Situ Gunung, maka untuk ke arah jembatan gantung tinggal lurus saja, akan kelihatan gerbang khusus ke jembatan gantung Situ Gunung. Lantas selanjutnya, tinggal ikuti saja papan petunjuk yang ada.

Jika kalian menggunakan mobil atau kendaraan besar seperti Bus, maka Bus akan diparkir di tempat parkir yang cukup luas di sebelah kanan setelah pintu gerbang, atau di luar kalau parkirannya penuh.

4. Transportasi dan Biaya

Karena berada di kawasan wisata Situ Gunung Sukabumi, maka rute transportasi untuk menuju ke jembatan gantung Situ Gunung, patokannya adalah kawasan wisata Situ Gunung tersebut. Untuk menuju ke Situ Gunung, kita bisa menggunakan beberapa cara:

Pertama, dengan kereta api.
Dari Stasiun Paledang Bogor ambil kereta dengan tujuan Sukabumi (Kereta Pangrango) dan turun di Stasiun Cisaat. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan Angkutan Umum (Angkot) menuju Polsek Cisaat, dan selanjutnya ganti angkot menuju ke Situ Gunung.

Kedua, dengan bus atau elf.
Dari Terminal Baranang Siang Bogor ambil Bus/Elf ke arah Sukabumi, kemudian turun di pertigaan Cisaat. Selanjutnya naik angkot ke Situ Gunung

Total biaya transport dan tiket masuk kedua cara tersebut di atas adalah sekitar 50 rb s.d. 90 ribu-an per orangnya. (Harga per Mei 2019)

Baca perhitungan biaya dan info rute selengkapnya di: Rute Transportasi dan Biaya ke Situ Gunung

5. Catatan Penting

jembatan gantung situ gunung - penceritadunia14
Peraturan saat melintasi jembatan gantung Situ Gunung

Bagi kalian yang hendak berkunjung ke tempat ini, berikut beberapa info yang pasti penting untuk diketahui:

  • Saat melewati jembatan, wajib benar-benar mematuhi ketentuan yang ada. Pasang alat pengaman, dilarang berlarian, loncat, melempar benda dalam bentuk apapun ketika menyebrang, dan diharapkan untuk selalu menjaga kebersihan.
  • Di semua lokasi wisata yang ada di Situ Gunung, banyak sekali penjual makanan. Jadi kalian enggak usah khawatir mengenai makanan. Kecuali jika kalian berkemah, jangan lupa membeli persediaan untuk makan malam, karena semua tempat makan tutup jam 6 sore.
  • Kereta api jurusan Sukabumi sudah cukup bagus. Namun ingat, agar jauh-jauh hari membeli tiket, karena gerbong masih sedikit dan penumpangnya banyak.
  • Angkot tidak selamanya ada, terutama di sore hari. Namun jangan khawatir, saat ini sudah banyak ojek online di daerah Cisaat dan Situ Gunung.
  • Usahakan membawa jas hujan (karena di daerah ini seringkali turun hujan) dan mengenakan sepatu yang nyaman untuk daerah bertanah dan berkontur tidak rata. Kalau berkemah, usahakan pula membawa sendal jepit.
  • Camping Ground cukup banyak, namun demikian usahakan pesan jauh-jauh hari, karena pengunjung banyak, terutama di hari libur.
  • Untuk yang berkemah, wajib membawa jaket tebal, karena suhu malam hari sangat dingin.
  • Sinyal HP kurang baik. Itupun hanya Telkomsel yang kadang bisa (per Mei 2019)

Have a nice holiday. (Pencerita Dunia)

Baca juga :
– Curug Sawer, Air Terjun Eksotis Berlatar Mistis.
– Danau Situ Gunung Sukabumi, Mahakarya sang “Buronan”

About Eka Siregar

Halo.. panggil Bang Eka aja ya.. pada dasarnya saya senang jalan-jalan, makan dan mengerjakan atau mencoba hal-hal baru. Nah, di sini saya coba bagi ke teman-teman apa-apa yang telah saya lihat, dengar, dan rasakan sendiri. Silahkan dibaca-baca ya..

Check Also

penceritadunia curug sawer7

Curug Sawer, Air Terjun Eksotis Berlatar Mistis

Pencerita Dunia (PD) – Jakarta. Sebagai kabupaten terbesar di pulau Jawa. Sukabumi memiliki banyak sekali …

76 comments

  1. Wah ini loh jembatan gantung nan instagramable banget yaah bang hehe. Sampek sekarang saya belum kesampean kesana hehe

  2. Aku pengen banget kesini. Manikmati sensasi menyeberamh di jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. Ya walaupum aku sedikit fobia sama ketinggian hehe

  3. Aku udah pernah ke sana. Tapi waktu itu jembatannya belum dibuka untuk umum. Mungkin harus ke sana lagi biar bisa berfoto di atas jembatan. Terima kasih untuk review lengkap ini ya bang.

  4. Luxurious

  5. Hebat yaa jembatan terpanjang loh. Pengelolanya juga terlihat serius mengembangkan. Harus segera ke sini nih

  6. Keren banget ini jembatannya
    Belum kesampaian euy mau main ke sana
    Panjang banget ya. Itu kalau susur dari ujung ke ujung jalan santai butuh waktu berapa menit ya, mas?

  7. Bisa jadi alternatif liburan yang dekat dengan Jakarta nih situ gunung. Apalagi biaya kesana terjangkau dan spotnya banyak.

  8. Dari kemarin2 belum kesampean ke situ gunung suspension bridge ini. Dari motoran, ngeteng naik kereta sampe ikut open trip semua hanya wacana. Wkwkkwkw

  9. Temanku berkali2 ngajak aku ke Jembatan Gantung Situ Gunung tapi entah kenapa aku belum mengiyakan hahaha 🙂 Ke Sukabumi kabarnya selalu maceeeeet jadi aku ragu2 deh. Padahal kalau baca cerita Bang Eka di sini, di sana menyenangkan ya. Kepengen ah nyobain jembatannya 243m terpanjang di Asia Tenggara ya hhhhmmmm..makan2nya juga enak nih bisa rombongan kayaknya ada paket juga ya?

  10. Wow view dari atasnya .. terpanjang se asia tenggara yaa mantaaabb baru tau!

  11. Terpanjang di asia tenggara ada di Indonesia, waw pemandanngan kalo pagi full berkabut embun. keren bgt. cocok liburan bersama pasanngan

  12. Tempatnya bagus banget sih, fasilitas juga komplit. Kalo nginep di sana memungkinkan nggak sih bang? Ada tempat menginapnya? Kayaknya kalo ke jembatannya super pagi syahdu banget.

  13. wah aku berani gak ya lewat sana

  14. belum pernah ke sini sih. menarik kayanya ke jembatan gantung situ gunung. instagramable bgt fotonya

  15. wowww sepertinya aku belum pernah kesini. asik banget foto2 disini

  16. Rasanya pengen saya lewati aja postingan ini huahaha. Soalnya dulu sering glamping di Tanakita. Setahun paling gak 1-2x. Makanya tau juga tentang pembangunan jembatan ini. Giliran udah jadi dan ramai, saya malah belum pernah ke Situ Gunung lagi. Udah 1,5 tahunan belum glamping. Padahal tadinya saya pikir bakal termasuk orang yang pertama menikmati jembatan ini. Keren uy jembatannya 🙂

  17. Waduh berani apa gak ya saya melewati jembatan gantungnya, antara takut tapi penasaran.. Bener2 pengalaman tak terlupa ya krn memicu adrenalin..

  18. salut sama proyek jembatannya. semoga tidak ada sampah yang merusak hutan. dan setiap kali melihat menteri segala macam menteri itu, bikin jia nyinyirku bangkit bang haha

    • semoga aman dari sampah mas… kebetulan saya udah 5 kali kesana… sepertinya cukup profesional juga pengelolaan jembatan gantung situ gunung sd saat ini. banyak tempat sampah dan petugasnya juga banyak…

  19. Wuih, ngeri ngeri sedap nih untuk bisa jalan di atas jembatan terpanjang di Asia Tenggara tersebut ya kak..
    Blon kesampaian untuk bisa mencoba ke detinasi tsb euy.. Next time smg bisa mencoba nih..

  20. beh…keren nih mas. Jembatan gantung terpnjangs e Asia Tenggara. Keren banget tuh pasti pemandangan di atas. Terus restorannya keren, foto di sana pasti bagus

  21. Kayu Ulin memang bukan kaleng-kaleng. Semakin sering terkena air, maka ia akan semakin kuat.

    Senang liat tempat-tempat begini dikelola swasta, lebih tertata rapi

  22. Istimewaaa…
    Aku kemarin padahal ke Sukabumi loo…tapi lagi-lagi mainnya ke sumber air panas tea..
    Btw,
    Biaya untuk bisa ikutan menyeberang berapa yaa, kak…?
    Rasanya belum disebutkan di blogpost ini…

  23. Semakin kepengen liburan kesini, deh. Teman-temanku sudah kesini sejak kapan tahu. Akunya ketinggalan euy. Kalau informasi penginapannya bisa kontak kemana ya, Bang. Jalan bawa anak-anak kemungkinan capek kalau harus balik ke Bogor di hari yang sama.

  24. Duhh baca tulisan petualangnya Kak Eka bikin saya mupeng ajak balita ke sini. Anak saya suka kegiatan di alam bebas soalnya.

  25. Aku jadi pengen juga main ke sini dan melihat langsung jembatan Situ gintung

  26. wah pingin coba sensasi naik jembatan gantung yang sebenarnya ku takut ketinggian..

  27. wah,, tidak ada sinyal hape ini yang agak gimana gitu, gimana mau pesen ojek online kalo mau pulang pas agak kesorean.

  28. Kepingin banget kesana penasaran mau coba jembatan gantungnya ngeri2 sedap ya, soalnya takut ktinggian juga,,

  29. Akh asyik banget ya wisata dekat Jakarta juga ya ini. Terbayang spot spot foto yang kece juga hahaha. Btw asyik banget mas baca bloknya. Keceh!

  30. transportnya lebaran pasti naik dan membludak peminatnya ya kak
    AKu belum perna main ke sini ih, kapan2 insyaAllah pengen deh ke sini

  31. dibangun untuk pariwisata ini menarik akhirnya ada satu tempat rekreasi baru. untunglah dirawat baik ya, soalnya emang bisa bikin ngeri juga berjalan di tengahnya mas.

  32. untung ada sling pengaman ya bang .., ngeri2 bayangin kalau angin kencang he.. he..
    syukurlah kalau pengelola serius perhatikan keamanan juag

  33. Wah belum kesampean nih main ke sini. Bagus banget yaa. Semoga bisa segera ke sana juga.
    Lengkap banget infonya, Bang. Mantap!

  34. Wow amazing. Selain alamnya yang super indah nan sejuk, material jembatan gantung ini benar-benar diperhatikan banget ya, secara bahannya berkualitas dan kuat. Udah gitu keselamatan pengunjung juga diperhatikan oleh pengelola.

    Tapi sayangnya akses ke Sukabumi itu sering macet ya,

  35. Udah lama aku pengin cobain jembatan gantung Situ Gintung ini tapi belum berani kayanya. Deg deg serr… Ngeliatnya aja ngilu. 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.