Sabtu , Agustus 24 2019
Home / ARTICLE / 3 Alasan Utama ke GIIAS 2019

3 Alasan Utama ke GIIAS 2019

GIIAS 2019

GIIAS 2019, yang dilaksanakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Serpong, Tangerang, dari tanggal 18 – 28 Juli 2019 ini benar-benar menyita perhatian para pencinta otomotif di Indonesia. Terutama yang berada di Jakarta, Banten dan Jawa barat.

Wajar saja, karena memang pameran tahunan ini diikuti oleh para Agen Pemegang Merk dan industri pendukung lainnya di sektor otomotif.

GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 ini adalah satu dari 4 rangkaian GIIAS The Series yang merupakan satu-satunya pameran otomotif di Indonesia yang didukung penuh oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO).

Acara ini dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, M. Jusuf Kalla, pada tanggal 18 Juli 2019. Wakil Presiden didampingi oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto.

GIIAS2019-PENCERITADUNIA1

Ada 4 kota besar yang akan dijadikan tempat untuk menyelenggarakan GIIAS 2019 ini, yaitu; Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Medan. Sebelumnya, GIIAS 2019 ini telah diselenggarakan di Surabaya tanggal 29 Maret – 7 April 2019 dan selanjutnya, GIIAS 2019 akan dilaksanakan di kota Medan 11 – 15 September 2019 dan di kota Makasar, 23 – 27 Oktober 2019.

GIIAS The Series merupakan komitmen dari GAIKINDO untuk dapat mendukung pertumbuhan industri otomotif Indonesia, baik di Jakarta, dan di kota-kota besar lainnya, dengan harapan agar informasi dan perkembangan teknologi otomotif dapat dinikmati oleh masyrarakat di seluruh Indonesia.

3 Alasan Utama ke GIIAS 2019

Tentu saja ada banyak alasan kenapa kita, baik yang sudah punya kendaraan bermotor mau yang belum punya untuk hadir ke acara GIIAS 2019 ini. Apalagi kalian yang punya hobby otomotif. Tapi bagi saya, berikut alasan saya kenapa saya datang setiap tahun ke GIIAS ini.

GIIAS2019-PENCERITADUNIA2

1. Lengkap

Seperti yang saya informasikan sebelumnya Gelaran world class auto show series tahunan ini diikuti oleh para Agen Pemegang Merk dan industri pendukung lainnya di sektor otomotif. Kalian akan menemukan setidaknta 20 merk kendaraan penumpang serta 10 kendaraan komersial dan karoseri untuk kebutuhan insdustri, alat berat sampai dengan berbagai jenis kendaraan roda 2 dan 3 pun ada di sini.

Semuanya berlomba-lomba menampilkan produk dan teknologi terbaru mereka, sehingga kita sangat terbantu untuk melihat secara langsung perkembangan teknologi terbaru dari kendaraan favorit kita.

2. Gampang Pembiayaannya

Didukung enam lembaga jasa keuangan (LJK), tahun 2018 lalu Astra Financial sukses menjadi sponsor utama pada GIIAS 2018. Adapun LJK yang berpartisipasi dalam GIIAS 2018, yaitu, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Financial Services (TAF), FIFGROUP, PermataBank, Asuransi Astra, dan Astra Life.

Tahun ini, ke enam LJK tersebut menyatakan kembali komitmennya untuk bersinergi mendukung penyelenggaraan GIIAS 2019 setelah tahun lalu cukup sukses dengan berbagai program layanan keuangan yang ditawarkan.

Dengan semangat sinergi untuk mendorong pertumbuhan industri otomotif di Indonesia dan untuk mewujudkan misi menjadi mitra keuangan bagi kesejahteraan Indonesia, Astra Financial kembali menjadi sponsor utama pameran otomotif bertaraf internasional GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS 2019).

Mengangkat tema “Inspiring Financial Solution” , Astra Financial, hadir untuk memberikan kemudahan bagi para calon pembeli untuk memiliki kendaraan bermotor (mobil dan motor).

GIIAS2019-PENCERITADUNIA3

Nah… sponsor utamanya saja sudah perusahaan pembiayaan, yang menjamin kita untuk mendapatkan kendaraan dengan mudah dan cepat serta dijaga pula dengan berbagai fasilitasnya. Siapa sih yang enggak mau ke sini.

3. Banyak Hadiah dan Keuntungannya

Pada saat saya datang ke GIIAS 2019 hari pertama, saya langsung datang ke stand ASTRA FINANCIAL di HALL 2, sebagai sponsor utama GIIAS 2019, saya yakin, pasti akan banyak info-info menguntungkan yang akan saya dapatkan di sana. Benar saja, begitu sampai dan bertemu dengan SPG-nya, segudang info hadian menarik langsung saya dapatkan :

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Astra Financial (@astrafinancials) on

          • HADIAH LANGSUNG dari ASTRA FINANCIAL
            Kesempatan memenangkan iPhone XS dan iWatch dan juga dapatkan ribuan hadiah langsung lainnya setiap hari untuk setiap pengajuan Surat Pengajuan Kredit (SPK) mobil (melalui ACC & TAF) dan Big Bike (melalui FIF), dan hadiah langsung CAR TRUNK untuk pembiayaan mobil yang telah disetujui melalui ACC dan TAF.
          • HADIAH dari ACC & TAF
            Bunga Spesial 0% (Khusus tenor 1 tahun, DP 25% ADDM – Angsuran-Pertama dibayar di muka)
            Potongan Rp 1 juta Biaya Admin
          • FIFGROUP
            Bunga 0% (tidak termasuk Big Bike dan tenor hanya setahun). DP mulai 20% (berlaku hanya untuk Vario dan Beat Series). Hemat Angsuran hingga Rp3,5 juta (berlaku untuk tenor 3 tahun). Lucky Draw Helm & Jaket keren.
          • ASURANSI ASTRA
            150 Pembeli pertama Asuransi Comprehensive Garda Oto akan mendapatkan 1 buah Gift Set untuk pembelian tunai.

GIIAS2019-PENCERITADUNIA5

          • ASTRA LIFE
            Special Cashback dan Customer rewards untuk pembelian produk Asuransi Jiwa. Perlindungan jiwa untuk kredit kendaraan khusus Nasabah TAF dan ACC.
          • PERMATA BANK
            Permata Tabungan Bebas:

            Cashback 10% hingga Rp 500,000 per bulan. Cashback 100% untuk transaksi pertama. Gratis Tarik tunai di semua ATM Bank mana saja
            Astra World PermataCard:
            Cashback 10% di SPBU. Cashback hingga Rp 500.000 untuk aplikasi yang disetujui dan telah bertransaksi.
          • HADIAH Main Games di main booth Astra Financial Hall 2.
            Dapatkan hadiah bumbag keren dengan memainkan minimal 3 games di booth Astra Financial Hall 2 dan follow akun IG @AstraFinancials

GIIAS2019-PENCERITADUNIA4Tentang Astra Financial, Sponsor Utama GIIAS 2019

Sebagai divisi jasa keuangan dari PT PT Astra International Tbk, Astra Financial pada saat ini sudah memiliki tujuh lini bisnis, yakni; Otomotif, Jasa Keuangan (Astra Financial), Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi dan Energi, Agribisnis, Infrastruktur dan Logistik, Teknologi Informasi, dan Properti.

Sejak mulai bisnis jasa keuangannya dari tahu 1982, Astra International, melalui Astra Financial hingga saat ini terdiri dari 11 lembaga jasa keuangan, yaitu :

          1. Perbankan; PermataBank,
          2. Pembiayaan; Astra Credit Companies (ACC),
          3. Federal International Finance (FIFGROUP),
          4. Toyota Astra Finance (TAF),
          5. Surya Artha Nusantara Finance,
          6. Komatsu Astra Finance,
          7. Asuransi Umum; Asuransi Astra,
          8. Asuransi Jiwa; Astra Life,
          9. Modal ventura; Astra Ventura,
          10. Perusahaan teknologi keuangan; Astra Welab Digital Arta dan
          11. Dana Pensiun; Dana Pensiun Astra.

Dengan semangat sinergi untuk mendorong pertumbuhan industri otomotif di Indonesia dan untuk mewujudkan misi menjadi mitra keuangan bagi kesejahteraan Indonesia, Astra Financial kembali menjadi sponsor utama pameran otomotif bertaraf internasional GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS 2019).

GIIAS2019-PENCERITADUNIA8

 6 Lembaga Jasa Keuangan Sponsor GIIAS 2019

Astra Financial adalah Divisi Jasa Keuangan PT. Astra International Tbk dengan misi to be partner for Indonesian prosperity. Saat ini Astra Financial memiliki beragam lembaga jasa keuangan di bidang: Pembiayaan Otomotif, Pembiayaan Alat Berat, Perbankan, Asuransi Umum, Asuransi Jiwa, Modal Ventura, Dana Pensiun, dan Teknologi Keuangan. Informasi lebih lanjut astrafinancial.co.id

          1. PermataBank. Beroperasi di 62 kota di Indonesia, PermataBank melayani nasabah retail semua segmen, SME hingga korporasi, baik konvensional maupun syariah. Fokus digitalisasi PermataBank diperkuat dengan layanan e-Banking seperti ATM, PermataMobile X, PermataNet, E-Form, E-Statement, E-Wealth, E-Business dan API Banking. Informasi lebih lanjut permatabank.com
          2. PT Federal International Finance (”FIFGROUP”). Sejak 1996 FIF GROUP fokus pada pembiayaan motor merek Honda. Seiring dengan perkembangan usaha, terdapat 4 lini bisnis di bawah FIFGROUP dengan brand FIFASTRA pembiayaan motor Honda, SPEKTRA pembiayaan elektronik & perabot rumah tangga, DANASTRA pembiayaan multiguna dan modal kerja, dan AMITRA pembiayaan Syariah. Informasi lebih lanjut kunjungi fifgroup.co.id
          3. PT ASTRA AVIVA LIFE (Astra Life) adalah perusahaan asuransi jiwa asuransi jiwa perorangan maupun perusahaan. Astra Life telah mencapai pertumbuhan perusahaan yang sangat baik dan sudah melayani lebih dari 1 juta tertanggung. Astra Life dan segenap Life Lovers (Karyawan Astra Life), akan terus berinovasi guna mewujudkan aspirasi perusahaan untuk menemani masyarakat Indonesia mencintai hidup. Menikmati hari ini, berani bermimpi, dan mewujudkannya. Love Life. Informasi lebih lanjut di astralife.co.id
          4. Astra Credit Companies(ACC). Perusahaan pembiayaan terpercaya yang telah memberikan layanan pembiayaan sejak 1982, meliputi pembiayaan mobil baru & bekas, pembiayaan alat berat & pembiayaan multiguna. ACC saat ini telah memiliki 75 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Infoi selanjutnya di   acc.co.id.
          5. Asuransi Astra. Asuransi umum yang memiliki visi untuk memberikan peace of mind bagi pelanggannya, Produk-produk berkualitasnya; Garda Oto, Garda Motor, Garda Medika, HappyOne.id, asuransi komersil dan syariah. Dengan berbagai inovasi produk dan layanan serta didukung teknologi digital, Asuransi Astra menjamin kenyamanan dan kemudahan untuk pelanggan. Informasi lebih lanjut klik asuransiastra.com
          6. PT Toyota Astra Financial Services (TAF). Sejak 2006, TAF dengan 36 kantor cabang, hadir lebih dekat untuk memberikan berbagai fasilitas dalam pembiayaan kepemilikan kendaraan mobil Toyota, Daihatsu dan Lexus, mulai dari perhitungan angsuran mobil, kemudahan dalam pengajuan kredit mobil, pembiayaan kompetitif, hingga pembayaran angsuran yang fleksibel. Informasi lebih lanjut kunjungi taf.co.id

So… genks… jangan pernah mikir-mikir kelamaan lagi untuk dapat ke GIIAS 2019.
Apalagi dengan adanya Astra Financial yang hadir disana dengan lengkap.

Untuk cek apa-apa saja agenda di Booth ASTRA FINANCIAL, silahkan cek Instagramnya, klik aja @astrafinancials

About Pencerita Dunia - Eka Siregar

Halo.. panggil Bang Eka aja ya.. pada dasarnya saya senang jalan-jalan, makan dan mengerjakan atau mencoba hal-hal baru. Nah, di sini saya coba bagi ke teman-teman apa-apa yang telah saya lihat, dengar, dan rasakan sendiri. Silahkan dibaca-baca ya..

Check Also

4 Cara Melepas Rindu yang Paling Ampuh

Ada banyak rindu yang tertolong saat ini. Ya rindu. Yang mana di masa lalu, obat …

38 comments

  1. Sekadar sharing, saat mengajukan kredit kendaraan bermotor ada baiknya memperhitungkan dulu DP yang kita mampu, hitung pula cicilan bulanan yang harus dibayar supaya nggak terlilit utang karena salah menghitung cicilan dan total pembayaran. Mumpung banget lagi ada pameran seperti ini sebaiknya manfaatkan diskon dan penawaran dari LJK. BTW, saya kemarin ke GIIAS acaranya meriah dan puas banget bisa cuci mata. Mayan buat cari referensi kendaraan sesuai kebutuhan

  2. Giias ajang pameran yang setiap tahun selalu dinantikan oleh pencinta otomotif dan tentunya pameran giias setiap tahun mempunyai tema baru dan juga harga tiket yg setiap tahunnya selalu naik tapi semua itu terbayar dengan kepuasan saat datang ke giias karena banyak informasi yang bisa saya gali tentang kelebihan dan kelemahan dari suatu produk. dan juga sudah pasti banyak promo menarik selama pameran berlangsung. Mulai dari potongan harga langsung sampai uang muka ringan dan juga cicilan 0 persen dengan bank atau leasing tertentu. Belum lagi ditambah bonus-bonus yang juga suka ditawarkan hanya saat pameran saja.

    Jadi kita bisa bandingkan dengan pembelian di luar pameran so kita jadi tahu tawaran mana yang lebih menguntungkan.

  3. Jujur saya belum pernah datang ke acara sebesar GIIAS tapi dari tahun ke tahun memang selalu ada tawaran menarik di setiap eventnya.

    Pengalaman saya sekitar lima tahun yang lalu pernah menjadi customer Astra dengan mengambil motor Scoopy cicilan selama kurang lebih 3 tahun. Dengan DP 1juta rupiah sudah mendapatkan motor yang saya inginkan, lampiran dokumen pun nggak terlalu ribet. Selang seminggu motor sudah nangkring di rumah. Tapi lagi-lagi memang harus teliti dan jeli sebelum memutuskan untuk mengambil cicilan kendaraan bermotor.

    Adanya GIIAS kemungkinan bisa membantu untuk lebih paham perihal platform cicilan dengan lebih gamblang karena banyak pilihan. Mungkin kalau saya ke sana akan memilih yang lebih ringan untuk bunga dan cicilannya.

    Selepas dari itu teliti sebelum mengambil keputusan agar tidak memberatkan. Dan ingat.. meski cicilan 0% ada BI Cheking loh, siapa saja yang bisa mendapatkan pinjaman kredit kendaraan.

    Over all dengan adanya event tersebut memudahkan kita untuk memiliki kendaraan bermotor yang diimpikan dengan cara mudah dan banyak pilihan.

    Terima kasih

  4. Pengalaman pribadi beli motor pakai jasa pembiayaan zangat zangat mudah, cukup pilih kendaraan yg mau di beli, kelengkapan dokumen yang di minta, bayar uang muka, langsung datang tu motor…

    Pembayaran tiap bulannya juga enak, karena cukup melalui aplikasi, semuanya udah terekam disitu.

    GIIAS menurut aku sesuatu yang wajib buat di kunjungi buat para pecinta otomotif, tapi efeknya jadi pengin jual motor buat ganti lagi yang baru…. hahaha

  5. Waktu pertama kali membeli motor, saya pake jasa FIF, bang. Pelayanannya enak. Menawarkan DP ringan, tenornya fleksibel, BPKBnya aman dan ada asuransinya. Dari DP, tenor, angsuran kita bisa menentukan sendiri berapa, bisa disesuaikan dengan kemampuan kita. Selain itu syaratnya juga mudah. Hanya menyertakan fotocopy KTP suami istri (jika sudah menikah), fotocopy KK, slip gaji. Tapi kalau sudah disetujui harus rajin bayar angsuran yah. Biar ga kena blacklist dari pihak FIF.

    Bagi para pecinta otomotif, wajib banget neh dateng ke GIIAS 2019 di Ice BSD. Surga dunia banget deh. Banyak penawaran menarik dari berbagai brand otomotif. Banyak teknologi dan produk baru bertebaran dari para peserta pameran ini. Maanfatkan berbagai diskon yang ditawarkan. Tentu saja harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan kita yah. Benar-benar harus dihitung berapa DP dan angsurannya.Supaya nantinya cicilan kita lancar. Jangan lupa sertakan asuransi yang ditawarkan oleh sponsor GIIAS dari Lembaga Jasa Keuangan.

  6. Jasa pembiayaan kredit motor atau mobil sebenarnya sangat membantu untuk yang betul-betul butuh kendaraan tapi dana gak memungkinkan untuk beli cash. Semacam nabung gitu tapi barang udah kita terima dan pakai di awal. Syaratnya juga gampang kok. Cuma yg perlu diperhatikan itu jumlah cicilan per bulan dan kemampuan bayar kita pribadi. Pajak, biaya perawatan, dll juga harus sangat diperhitungkan krn cicilan ditambah biaya lain-lain cukup mempengaruhi pengeluaran bulanan. Mencari referensi kendaraan baik motor ataupun mobil di GIIAS sepertinya hal yg tepat. Walaupun belum pernah datang langsung ke GIIAS, tapi dari tahun ke tahun sepertinya euforia event ini selalu ditunggu banyak penyuka otomotif. Acaranya juga relevan untuk pengunjung yang butuh referensi terbaru kendaraan yg sesuai kebutuhan mereka. Terlebih ada berbagai jasa pembiayaan yang ikut serta dalam event, sehingga kebutuhan konsumen bisa langsung terealisasi.

  7. Pengalaman saya pernah ikut Asuransi Astra dari Garda Otto, layanan nya bagus dan memuaskan. Ceritanya sewaktu itu sedang dalam perjalanan Bandung Jakarta di toll Cipularang mobil terkena timpukan batu entah darimana mengenai kaca depan. Shock pasti karena kami bertiga perempuan semua. Kakak saya langsung menepikan mobil untung pecahan kaca tidak sampai mengenai pengemudi. Waktu itu sudah jam 11 malam dan saya langsung menelpon Garda Otto untuk minta bantuan. Kurang lebih 1,5 jam bantuan datang. Mobil diangkut team derek Garda Siaga dan kami diantar pulang sampai rumah oleh Team Garda Siaga. Pengalaman yang tidak terlupakan ini membuat saya semakin yakin untuk wajib mempunyai asuransi perlindungan jika mempunyai kendaraan, karena kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi ketika sedang mengemudi di jalan raya.

    Untuk yang belum mempunyai asuransi kendaraan atau bagi yang ingin membeli kendaraan pameran GIIAS 2019 di Ice BSD dapat menjadi ladang informasi yang dapat kita jangkau dalam satu kali kunjungan. Karena semua informasi lengkap ada di pameran GIIAS 2019 ini. Mulai dari aneka merek dan jenis kendaraan, jenis lembaga perusahaan pembiayaan pembelian kendaaan sampai asuransi perlindungan bagi kendaraan yang akan di beli nanti. Semua info lengkap tersaji di pameran GIIAS 2019.

  8. Aku belum punya pengalaman mencicil mobil atau motor, tapi beberapa saudara ada yang pernah ngambil motor dengan sistem cicil. Sebenarnya, mencicil mobil atau motor menggunakan perusahaan jasa pembiayaan itu sangat membantu untuk kita yang nggak memiliki cukup biaya untuk membeli kendaraan secara cash. Namun, tetap harus hati-hati juga, karena banyak juga perusahaan jasa yang nggak amanah (berniat menipu).

    Kalo menurut aku tentang GIIAS 2019? hhhmm, sejujurnya belum pernah hadir ke event otomotif sebesar GIIAS, tapi dengar cerita dari teman-teman yang sempat hadir ke GIIAS 2019. Katanya, eventnya sungguh luar biasa. Semua jenis dan merk kendaraan dari yang jadul sampai yang terbaru semua ada di GIIAS. Langsung kebayang gimana WOW-nya GIIAS 2019, apalagi acaranya berlangsung di ICE BSD mulai dari hall 1-10. Ya ampun satu hall aja udah luas, apalagi 10 hall.

  9. kalau ke sana hanay bisa lihat2 gak bisa belinya

    • GIIAS sebagai referensi, recommended banget ya bang. Kita bisa membandingkan pilihan kita di satu area saja. Apalagi di support 6 lembaga pembiayaan, jadi tidak takes time untuk mengambil keputusan.

  10. Emang komplit ya acara GIIAS, selain edukasi bisa menjadi ajang kegiatan ekonomi juga. Ditambah lagi ada sponsor pembiayaan semacam Astra jadi tambah mudah kalau pas ada yg mau dibeli..

  11. Iyaa…
    Main ke GIIAS banyak banget happy nya.
    Selain banyak pameran otomotif terbesar, di sini banyak yang unik-unik.
    Hehhee….
    Termasuk booth Astra Financials yang tersebar di banyak tempat di GIIAS 2019.

  12. Belum pernah hadir di GIIAS termasuk di tahun ini. Membaca ulasan teman-teman, rasanya nyeseeel … Tapi urusan pekerjaan belum bisa ditinggalkan hohoho … Dari sini boleh nggak sih aku jadi berpikir kalau kita mau membeli kendaraan bermotor, mendingan di event GIIAS ini aja karena kendaraan idaman dapat plus beragam penawaran finansial menarik yang sayang banget kalau dilewatkan.

  13. Sayang aku jauh dari tempat acara GIIAS digelar.. coba deket.. aku langsung cuzzzz nih… produknya keren2 dan banyak promo

  14. Memang kalau mau dapat mobil terbaru dengan harga miring udah pas banget datang ke pameran kyk gini. Promo2nya tu menarik, belum lagi hadiahnya. Apalagi kalau ada promo DP murah atau mungkin cicilan bunga 0% ya mas 😀

  15. GIIAS mah seru ampe 3x kesana… cuma liat2 aja sh.. mupeng beli mobil tp mau nikah dulu wkkwkw

  16. Tiga alasan yang nggak bisa ditolak untuk nggak datang ke GIIAS. Jadi, kalau berniat mau beli kendaraan sekalian aja tunggu GIIAS aja, kan acaranya setiap tahun ya Kak. Selain ada jejeran kendaraan terbaru, promo yang menggiurkan dan pembiayaannya super mudah.

  17. Wah, setahun bisa empat kali dan pindah ke lokasi yang lainnya yah. Jadi yang gak ikutan skrg. Bisa membuat jadwal di kota dan waktu selanjutnya yah. Jd ga ketinggalan info

  18. Meskipun harga tiketnya lumayan mahal, tapi antusias pengunjung nggak surut ya. Seru juga keliling hall seluruh ICE BSD, bisa lihat berbagai jenis mobil dari yang elektrik sampai jetbus.

  19. Paling bikin mupeng di GIIAS hadiahnya kak wkakaak bertabur banget
    ada Kaesang pula ya pas kapan itu di sana. Andai deket pengen main juga ke sana

  20. keren ya di GIIAS banyak mobil2 baru yg kece.. kalo berencana punya mobil baru mah langsung ke GIIAS aja.. apalagi tahun ini GIIAS menggandeng Astra Financial sebagai platinum sponsornya.. pastinya banyak banget bonus dan promo menarik kalo berkunjung ke boothnya Astra Financial..

  21. Harga tiketnya mahal banget sampai 100 rb tapi worth it kesana karena beli aksesoris apapun dapat hadiah dan banyak bagi2 hadiahnya hahaha

  22. Sayangnya GIIAS blm diadain di Palembang… padahal banyak promonya yaa dan seru juga bisa liat2 pameran mobil… smga next nya palembang masuk list GIIAS.

  23. Wah menarik ni, boleh lah kapan2 saya coba melipir kesana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.