Selasa , Oktober 15 2019
Home / CULINARY / Kuliner Halal di Bali yang Terkenal, Enak dan “Ngangenin”

Kuliner Halal di Bali yang Terkenal, Enak dan “Ngangenin”

Siapa yang tak kenal pulau Bali. Terlalu banyak cerita dan pujian untuk pulau ini. Memang pulau Bali lengkap sekali pesonanya. Mulai dari alamnya yang mempesona, budayanya yang memikat sampai dengan warganya yang ramah.

Bali, selalu membuat saya bisa berlama-lama tinggal. Saya sering sengaja belajar melukis di Ubud selama minimal 1 minggu, sekedar bermain di beberapa pantainya selama beberapa hari berturut-turut sambil menunggu matahari turuh, dan bahkan hanya sekedar hunting air terjun yang jumlahnya cukup banyak di Bali.

Namun, ada 1 hal yang agak sulit bagi saya, yaitu makanan. Sebagai seorang muslim, agak sulit bagi saya menikmati aneka kuliner yang ada di Bali.

Meskipun demikian ada beberapa yang selalu saya datangi dan itu wajib dari tahun ke tahun.

Selain karena memang makanannya enak banget. Kuliner ini juga memang ternyata salah satu alasan kenapa orang-orang datang ke Bali.

1. Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Kawan, setiap daerah di Bali memiliki masakan ayam betutu dengan ciri khas masing-masing. Namun yang paling terkenal adalah masakan ayam betutu dari daerah Gilimanuk. Daerah Gilimanuk adalah sebuah kelurahan yang ada di Bali bagian barat, tepatnya di kecamatan Melaya, kabupaten Jembrana-Bali.

penceitadunia kuliner halal bali 1

Untuk bisa menikmati masakan ayam betutu khas Gilimanuk, kita enggak harus repot-repot datang ke Gilimanuk. Karena outlet tempat makan ayam betutu khas Gilimanuk sudah ada banyak di kawasan Bali selatan seperti Kuta dan Denpasar.

Menu di Rumah Makan Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Untuk mencicipi ayam betutu khas Gilimanuk ini, kalian bebas memilih ukuran ayam yang diinginkan. Bisa memesan satu ekor utuh, setengah ekor, maupun seperempat ekor. Masakan ayam betutu disajikan dengan kuah yang disiram di atas daging ayam. Selain itu, masakan ayam betutu bisa juga di pesan satu paket dengan nasi, plecing kangkung, kacang tanah yang digoreng dan sambal matah (mentah) khas Bali. Sambal mentah terdiri dari irisan bawang merah, cabai, garam, terasi dan minyak kelapa muda.

penceitadunia kuliner halal bali
pic : https://www.piesusubliman.com

Proses pembuatan masakan ayam betutu di masak dengan cara diungkep dengan bumbu lengkap. Bumbunya seperti bawang merah, putih, kunyit, cabai, dan rempah rempah lainnya. Ayam diungkep dengan sempurna sehingga tekstur daging ayam terasa lembut dan bumbunya meresap ke dalam daging ayam.

Bedanya menu ayam betutu dengan menu ayam goreng adalah kuah pada ayam goreng dipisah dan dagingnya kering. Jadi kalau makan ayam goreng tinggal dicelupin ke kuahnya.

penceitadunia kuliner halal bali 2
Pic : koleksi pribadi

Selain ayam, tempat ini pun menyediakan bebek yang juga diolah sama dengan ayam betutu. Jadi kalau kalian suka daging bebek kalian bisa memilihnya.

Menu andalan lain dari rumah makan ini adalah “Menu Nasi Campur Bali”. Sesuai dengan namanya, Nasi Campur ini terdiri dari berbagai menu khas Bali, seperti : Sate Lilit Ayam, Urap, Telur Bumbu Bali, perkedel dan ayam suwir.

penceitadunia kuliner halal bali 3
Pic : koleksi pribadi

Untuk menu sate lilit, dibuat dari daging ayam yang sudah digiling dengan bumbu lengkap kemudian dipanggang.

Harga Makanan dan Jam Buka Rumah Makan Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Harga makanannya enggak terlalu mahal, masih wajar, apalagi bumbunya enggak main-main. Sebagai gambaran untuk harga ayamnya :

  • ¼ porsi ayam betutu harganya Rp 26.000.
  • ½ porsi ayam betutu di harga Rp 43.500.
  • 1 ekor utuh ayam betutu harganya Rp 76.500.

Khusus nasi campur Bali hanya dijual pada pagi menjelang siang. Harga masakan tersebut mulai dari Rp 15.000 – Rp 76.500 per porsinya.

penceitadunia kuliner halal bali 5
Menu Ayam Betutu Khas Gilimanuk, Tuban – Kuta (Koleksi pribadi)
penceitadunia kuliner halal bali 4
Menu Ayam Betutu Khas Gilimanuk, Tuban – Kuta (Koleksi pribadi)

Jam buka seluruh Outlet Ayam Betutu Khas Gilimanuk dari jam 10:00 – 22:00. Tempat makan ini ramai di kunjungi saat makan siang sekitar jam 12:00 – 14:00 dan saat makan malam sekitar pukul 19:00 – 21:00.

Tempat Makan Ayam Betutu yang Enak di Bali

Salah satu tempat yang menyajikan masakan ayam betutu rasa khas Gilimanuk yang paling terkenal ada di Jalan Raya Tuban No.2X, Tuban – Kuta. Nyaris tak pernah sepi, tempat ini menyajikan ayam betutu khas Gilimanuk Bali yang cocok banget bagi kalian yang suka makanan pedas. Kalau kalian tidak suka makanan pedas, bisa juga mencoba menu lain seperti ayam goreng atau ayam bakar.

penceitadunia kuliner halal bali 6
Pic : Koleksi Pribadi

Tempat makan ayam betutu di Tuban Kuta, lokasinya cukup luas. Meja dan kursi ditata dengan rapi layaknya rumah makan tradisional. Kalau kalian datang dalam rombongan besar jangan khawatir, tempat ini cukup untuk sekitar 100 orang. Namun, jangan lupa untuk pesan dulu, biar bisa langsung dapat tempat, kalai dadakan dah pasti enggak bisa karena ramai sekali.

Biar gampang ke lokasi, pakai saja map ini :

Selain di Kuta, tempat makan Ayam Betutu Khas Gilimanuk ini juga ada beberapa. Berikut ini Outlet Ayam Betutu Khas Gilimanuk di Bali :

  1. Buluh Indah No. 51X, Denpasar. Telp (0361) 7407509
  2. Merdeka No. 88, Renon. Telp. (0361) 4746029
  3. Central Parkir Kuta, Kuta. Telp. 08123665901
  4. Gatsu Guntur Hotel Gatsu Timur, Denpasar. Telp. (0361) 4712781
  5. Uluwatu, Perum Nuansa Jimbaran No. 1, Jimbaran. Telp. (0361) 704524

Berita baiknya, kalau kalian tinggal di Jakarta atau Surabaya, kalian juga bisa datang ke :

  1. Ruko Plaza Graha Family, Blok A, No. 2. Jl. Bukit Darmo Boulevard, Surabaya. Telp. 08574525277
  2. Bintaro Utama, Blok DD 12-13, Bintaro 3A, Tangerang Selatan. Telp. (021) 7356857
  3. Balai Pustaka Timur, No. 25, Rawamangun, Jakarta Timur. Telp. (021) 4718945
  4. Wolter Mongisidi, No. 63A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Telp. (021) 7233245

Untuk saya, entah kenapa… rasanya lebih sedap kalau langsung makan di tempat asalnya, di Bali.

2. Bakso Gerobak Biru 66

Nah… nah… kenapa bakso ini jadi favorit banget buat saya? Ya… tentu saya karena setelah berlama-lama di Bali, enggak dipungkiri kalau saya pada akhirnya kangen banget sama makanan Favorit berjuta umat ini.

penceitadunia kuliner halal bali 7
Pic : Dokumentasi Pribadi

Dan ternyata, di Bali ada satu Bakso yang sangat fenomenal. Peminatnya ramai, sampai antre dan selalu habis bahkan sampai sebelum jam 06.00 sore.

Bakso ini namanya Bakso Gerobak Biru 66. Karena letaknya ada di pantai Legian dekat Double Six, maka sering disebut Bakso Gerobak Biru Double Six (66). Menurut Mas Pemiliknya, dia sudah berjualan di sana dari tahun 2004.

penceitadunia kuliner halal bali 9
Pic : Dokumentasi Pribadi

Makan bakso ini bagai makan dengan beraneka bonus. Enak, murah, dapat bonus pemandangan sunset yang super indah di pantai Legian.

penceitadunia kuliner halal bali 10
Pic : Dokumentasi Pribadi

So, jangan pernah ragu untuk datang dan menikmati bakso ini.

Menu, Harga dan Jam Buka Bakso Gerobak Biru

Bakso Gerobak Biru 66 yang enak banget ini cuma dibandrol harga 10.000 hingga 15.000 per mangkok. Tergantung dari variasi isian yang diinginkan.

penceitadunia kuliner halal bali 12
Pic : Dokumentasi Pribadi

Untuk porsi lengkap seharga 15.000 per mangkok, berisikan bakso urat, soun, kecambah, taburan bawang goreng. Kalian juga bisa minta semangkok pangsit goreng seharga 5.000.

penceitadunia kuliner halal bali 8
Pic : Dokumentasi Pribadi

Jam Buka : 13.00 Wita – 18.00 Wita ( Sudah habis saat sunset)

Lokasi Bakso Gerobak Biru 66

Lokasi Bakso Gerobak Biru 66 ini, ada di area Pantai Double Six, Legian, persis di depan Hotel Kumala Sari – Restorante Warung Italia Double Six. Jalan Legian – Kuta Selatan

Jadi kalau kalian sudah malas dan bosan main-main di Pantai Kuta, coba saja jalan kaki menyusuri pantai Kuta menuju utara ke arah hotel PullMan, maka kalian akan sampai di Pantai Legian. Ini cara gampang untuk menuju ke Bakso Gerobak Biru 66.

Yang jelas, Bakso Gerobak Biru 66 ini sudah bisa dijumpau di Maps dan di semua map ojek online, jadi gampang untuk di cari. Apalagi kalau kalian enggak malu tanya-tanya ke petugas jaga yang ada. Pasti langsung dikasih tahu tempatnya.

penceitadunia kuliner halal bali 11
Pic : Dokumentasi Pribadi

Kalau sudah hampir dekat kalian nanti bakal nemuin tanda petunjuk ke arah lokasi Bakso Gerobak Biru 66. Kalau sudah dapat satu gerobak bakso yang berwarna biru, tadaaaaaaa…. berarti sudah sampai.

Tips & Trik Makan Bakso Gerobak Biru 66

  • Antisipasi antrian yang begitu panjang saat jam 4 menjelang 5 sore
  • Kalian bisa enggak antri dan meminta pedagang minuman yang ada di sekitar pantai untuk memesankan. Tapi harganya beda 5.000 – 10.000.
  • Jangan takut kehabisan tempat duduk. Kalian bisa memilih tempat duduk di manapun, asal membeli minuman di tempat tersebut sambil membawa mangkok bakso dari gerobak biru
  • Jangan datang menjelang senja di jam 6 sore kemungkinan 95% bakso sudah ludes terjual
  • Hari -hari besar keagamaan Bakso Gerobak Biru tutup

Nah… itu dia 2 kuliner halal di Bali yang paling beda dan ngangenin kalau ke Bali. Belum lagi rasanya yang enak… ahhh… aku kan kembali selalu.

 

About Pencerita Dunia - Eka Siregar

Halo.. panggil Bang Eka aja ya.. pada dasarnya saya senang jalan-jalan, makan dan mengerjakan atau mencoba hal-hal baru. Nah, di sini saya coba bagi ke teman-teman apa-apa yang telah saya lihat, dengar, dan rasakan sendiri. Silahkan dibaca-baca ya..

Check Also

penceritadunia - tempat hangout seru

TEMPAT HANGOUT SERU DI JAKARTA – KAY’S BAR & CAFE

Pencerita Dunia (PD) – Jakarta. Guys… Apakah kalian termasuk kaum Urban? Tinggal di kota satelit …

20 comments

  1. Jika ke Bali atau beberapa daerah wisata lain di Indonesia yang masyarakatnya non muslim, saya cukup kesulitan untuk mencari makanan halal. Ayam betutu dan bakso gerobak sepertinya ‘cukup menolong’ nih. Ah sayang, saya vegetarian

  2. Setuju banget, sebagai muslim untuk kulineran di Bali memang agak susah. Kayak pengalamanku bbrp bulan lalu, saking susahnya sampe 3 hari berturut2 makan nasi padang.
    Ada keinginan untuk balik lagi ke Bali, dengan artikel ini jadi ga khawatir makan nasi padang 3 hari berturut2, bisa diseling2 nih.

  3. Jadi laper akutu. Ayam betutu itu enak bgt. Sama Ada lg si bang yg enak. Sate Babi di Bali… Tapi non halal sik wkwkwk

  4. Waktu baca ada bakso, aku langaung excited bacanya hahaha secara biasnya kalo bukan di pulau jawa suka susah nyari bakso, sekalipun ada rasanya suka gak karuan. Boleh lah yak ini di coba kalo nanti ke sana. Hihihu

  5. Waduuuhh, auto-mupeng bin ngiler nih 😀
    Udah lamaaaaa ngga ke Bali, dan mupeng cobain aneka kuliner halal di sana

  6. dah lama ga ke Bali jadi belum tau perkembangannya sekarang, seingat saya dulu susah cari makanan halal. alhamdulillah sekarang banyak resto yang menyediakan makanan halal

  7. Pernah denger juga dari teman ayam betutu rasa khas Gilimanuk yang paling terkenal ada di Jalan Raya Tuban dan paling enak terus laris gitu… Jadi kpingn bnget k Bali dan kuliner disana

  8. Wah foto makanannya bikin laper pagi-pagi, hehehee
    Aku kalo di Bali selalu makan Nasi campur Bali dan sate lilit, endeeesss banget rasanya. Trus kalo malam aku dan suami lebih suka makan di mie goreng Surabaya yang jual orang Jawa Timur. Hampir tiap malam tuh pasti kesana, dulu mangkalnya di jalan Imam Bonjol. Nggak tahu sekarang apa masih di sana, udah lama juga

  9. Nah info yang bermanfaat nih kalau keluhan kalau ke Bali adalah bagaimana dapat menemukan makanan yang halal dengan cepat. Maklum kalau fast food kan bosen juga ya

  10. Emang kalau berwisata selalu plus kulineran ya mas? Mata puas, perut kenyang haha 😀
    Tetep kalau di Bali agak berhati2 karena memastikan kehalalaannya dan gak kecampur menu lainnya yang haram ya….
    Duh jadi kepengen makan ayam betutu nih trus mbakso pinggir pantai apalagi kalau minumnya es kelapa muda haha 😀

  11. ayam betutu dong tetep, yes
    kayaknya dari sekian banyak yang diceritain aku bakalan pilih ayam betutu mas

  12. kemaren sih gue makan di nasi jinggo sama ada restoran nyempil di kuta itu khas nasi warteg gtu dan rame banget.. tp bolehlah di coba menu yg bakso

  13. Aku jadi pengen nyobain ayam betutunya.Apalagi harganya juga bersahabat gitu..Masuk di wishlist kalau ke Bali

  14. Menggoda sekali ya, aku jadi makin kangen Bali nih. Terakhir ke Bali tahun 2017 ya

  15. duh ayam betutu ini, ngiler banget. udah pernah nyoba dan nagihhh sekali

  16. Asik ada 2 kuliner rekomendasi nih kalau datang ke Bali. Bakso dan ayam memang makanan sejuta umat. Siapa aja bisa menikmati.

  17. Infotmasi ttg makanan halal di Bali penting banget nih.. dan skr udah banyak juga ya menu halal… Auto laper nih lihat daftar tempat makan ini haha

  18. Lapeerrr lihatnya, jadi kangen makanan Bali. Kapan ya bisa makan lagi, apalagi ayamnya kerasa beda banget rasanya. Kangen sekalian jalan-jalan wisata Bali. Memang beda makan di Jakarta, sama makan di Bali. Kerasa semua masakannya enak

  19. Oh ya…?
    Aku baru tahu ada Bakso Double Six…keren banget yaa..
    Menikmati pantai sambil makan bakso dan minum degan atau es jeruk.
    Makin so sweett~

  20. Waktu tahun 90-an saya tinggal di Bali, Ayam Betutu Khas Gilimanuk belum buka cabang, sekarang enak sudah ada cabangnya jadi enggak perlu harus datang ke Gilimanuk.
    Terus Bakso Gerobak Biru, jaman saya kerja di kawasan Legian tahun segitu juga belum ada…
    Wah harus dicari nih 2 kuliner ini kalau nanti ke Bali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.