Sabtu , Februari 22 2020
Home / ARTICLE / 5 Bali Baru Super Prioritas & Transmate, Barang Apa Pulak Itu?

5 Bali Baru Super Prioritas & Transmate, Barang Apa Pulak Itu?

Beberapa waktu lalu, Kementerian Perhubungan mengadakan sebuah acara bersama sekitar 50 orang influencer  di salah satu Kafe di Jakarta Pusat. Acara yang kemas dengan “Nongkrong Santuy” bareng Transmate yang mengangkat diskusi bersama bertema Connectivity Makes Travelling Easy berlangsung seru dan informatif karena diisi dengan beberapa hiburan dan informasi-informasi baru berhubungan dunia wisata dan sarana prasarananya.

Pencerita dunia - 5 Bali Baru Super Prioritas Transmate
foto : instagram.com/kemenhub151

Nah apa saja info dan kegiatan seru yang ada di acara tersebut? Kuy… baca sampai selesai yah..

5 Bali Baru Super Prioritas

Sobat Pencerita Dunia, tentu sudah pernah dengar tentang program 10 Bali baru yang pernah dilaunching pemerintah, kan? Sebuah program yang bertujuan, agar destinasi unggulan yang terpilih bisa menjadi seperti Pulau Bali yang sudah sangat terkenal ke manca negara.

Tempat-tempat tersebut pun akan diprioritaskan pengembangan sarana dan prasananya agar para wisatawan dapat dengan mudah datang ke destinasi tersebut dan setibanya di lokasi juga mendapatkan berbagai kemudahan.

Pencerita dunia - 5 Bali Baru Super Prioritas Transmate
foto : instagram.com/kemenhub151

Nah, mulai tahun ini, presiden kita, Pak Jokowi menekankan programnya ke 5 destinasi saja. Hal ini sesuai dengan informasi yang diberikan oleh Menteri Perhubungan, Bapak Ir. Budi Karya Sumardi yang menyempatkan conference call di acara tersebut.

Kelima Bali Baru Super Prioritas tersebut adalah :

1. Danau Toba, Sumatera Utara
2. Borobudur, Jawa Tengah
3. Mandalika, Nusa Tenggara Barat
4. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur
5. Likupang, Sulawesi Utara

Guna mensukseskan Program 5 Bali Baru Super Prioritas ini pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah melakukan pembangunan konektivitas guna mengundang para turis domestik dan manca negara untuk datang ke destinasi 5 Bali Baru Super Prioritas tersebut.

Baca juga : Terpesona Ranu Kumbolo, Si Gendut Naik Semeru

Pengembangan Konektivitas yang Sudah Ada

1. Danau Toba

Agar program 5 Bali Baru Super Prioritas untuk kawasan Danau Toba ini berjalan baik, Pemerintah berencana mengalokasikan anggaran Rp 2,4 triliun pada 2020 untuk mengembangkan kawasan Danau Toba di Sumatera Utara menjadi kawasan pariwisata berskala internasional.  Pengembangan dilakukan untuk membuat kawasan wisata kaldera ini menjadi semakin diminati oleh para turis untuk dikunjungi, baik dari dalam maupun luar negeri. “Jadi yang akan di ubah adalah jalan dan kawasannya.

Pencerita dunia - 5 Bali Baru Super Prioritas Transmate

Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk membuat, mengembangkan dan merenovasi sarana prasarana penunjang yang terdapat di 9 kabupaten/kota yang ada di sekitar Danau Toba.

Untuk menuju Danau Toba, ada sekitar 12 jalan dan 6 jembatan yang akan direnovasi dan dibangun. Selain itu, akan dibangun pula Bandara Sibisa, selain Bandara Kualanamu di Medan dan Bandara Silangit di Siborongborong.

Dikawasan Danau Tobanya sendiri akan dibangun 12 pelabuhan baru, dan pengadaan kapal open deck dengan nama KMP Pora-pora.

Baca juga : 5 Fakta dan Info Lengkap Jembatan Gantung Situ Gunung

2. Borobudur

Sepertinya, konektivitas untuk ke Borobudur pengembangannya sudah lebih dahulu dilakukan, karena sekarang untuk menuju Borobudur itu sudah gampang sekali. Bandara dan stasiun kereta api sudah bagus banget. Begitu juga dengan terminal, sudah mulai tertata baik.

Selain itu, Kemenhub akan membangun jalur KA Solo Balapan Bandara Adi Soemarmo, membangun KA Bandara Yogyakarta Internasional Airport – Kulonprogo, elektrifikasi jalur KA lintas Yogyakarta-Solo, menyubsidi operasional angkutan antarmoda, fasilitas integrasi angkutan jalan, fasilitas perlengkapan jalan dan DED pembangunan jembatan dan sistem persinyalan dan telekomunikasi serta bangunan stasiun. Wuih.. keren kannn….

Pencerita dunia - 5 Bali Baru Super Prioritas Transmate

Sekarang ini pun, dari bandara dan stasiun, wisatawan bisa langsung menuju Candi Borobudur dengan menggunakan Mini Bus Damri dengan harga murah dan kendaraan yang baik dan nyaman.

Daaaann…. saat ini sedang dikebut pula pengembangan infrastruktur yang meliputi pelebaran jalan, atraksi wisata, serta pengaturan pengunjung. Sehingga wisatawan bisa dengan mudah menikmati salah satu candi Buddha terbesar di dunia tersebut.

Begitu juga dengan pembangunan Yogyakarta International Airport sedang dikebut pengembangannya agar pesawat berbadan lebar bisa langsung masuk ke Yogya dengan membawa turis mancanegara.

Baca juga : Curug Sawer, Air Terjun Eksotis Berlatar Mistis

3. Mandalika

Nama kawasan Mandalika yang diambil dari nama seorang putri yang sangat cantik, yaitu Putri Mandalika yang terdapat di cerita legenda Suku Sasak, Lombok, mulai mencuat namanya setelah di kawasan ini dibangun sebuah sirkuit MotoGP bertaraf internasional yang di gadang-gadang akan menjadi sirkuit paling indah di dunia.

Dalam rangka program 5 Bali Baru Super Prioritas, sejak tahun 2017, Mandalika sudah diresmikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata yang diharapkan dapat menjadi tempat liburan yang cukup representatif di Lombok karena dilengkapi beberapa hotel dan beragam fasilitas rekreasi. Mandalika, saat ini, sudah memiliki 7 spot wisata alam yang memesona wisatawan.

Pencerita dunia - 5 Bali Baru Super Prioritas Transmate
.

Untuk menunjang konektivitas, saat ini sudah cukup banyak jadwal kapal Very menuju Lombok, baik itu dari Surabaya, Bali maupun Sumbawa. Begitu juga dengan Bandara Internasional yang baru, sudah beroperasional dan siap menerima para wisatawan dalam dan luar negeri.

Sementara itu di Kawasan Mandalikanya sendiri akan dilakukan pengadaan dan pemasangan perlengkapan jalan, perbaikan fasilitas integrasi angkutan jalan, membiayai subsidi operasional angkutan antaramoda di Mandalika, merehabilitasi Pelabuhan Pamenang, dan melanjutkan pembangunan Pelabuhan Faspel Gili Terawangan.

4. Labuan Bajo

Labuan Bajo saat ini sudah jadi salah satu tujuan wajib para traveller. Binatang langka purba – Komodo, Keindahan Pulau Padar – Gili Lawa dan Pulau Rinca, Manta Point, serta keindahan bawah lautnya, seakan menjadi pesona yang enggak ada habisnya.

Pencerita dunia - 5 Bali Baru Super Prioritas Transmate

3 tahun terakhir ini terasa sekali pesatnya pembangunan di Labuan Bajo sehubungan dengan terpilihnya Labuan Bajo menjadi 5 Bali Baru Super Prioritas. Teman-teman bisa melihat dibangunnya Marina terpadu dengan fasilitas hotel dan commercial area untuk kafe, toko cenderamata di pinggir pantai, yang dibangun oleh PT ASDP (Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan).

Tahun 2018-2019 untuk pengembangan konektivitas sudah dilakukan dengan melakukan pembangunan Jalan Akses Bandara Komodo Labuan Bajo dan rehabilitasi minor Jalan Labuhan Bajo-Malwatar.

Kemenhub juga akan memberikan subsidi operasional antarmoda, memberikan fasilitas integrasi angkutan jalan, pengadaan 2 unit kapal bottom glass seperti di Likupang, melakukan pengembangan Terminal Kargo Pelabuhan Labuan Bajo, pembebasan lahan untuk pengembangan bandara, pemotongan bukit daerah transisional dan perpanjangan runway dari 2450 m x 45 m menjadi 2650 m x 45 m termasuk marking dan pengawasan.

Pencerita dunia - 5 Bali Baru Super Prioritas Transmate

Selain jalur darat dan udara yang sudah cukup baik. Pemerintah juga melakukan pembangunan pelabuhan dibantu oleh PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) yang menyediakan moda transportasi. Saat ini kita bisa naik kapal feri dari bali dan lombok langsung ke Labuan Bajo. Disiapkan juga kapal berlayar yang cukup presentatif untuk wisatawan yang ingin eksplore ke pulau-pulau yang ada.

5. Likupang

Diantara 5 Bali Baru Super Prioritas ini, mungkin Likupang-lah yang jarang didengar. Padahal, Likupang ini sendiri merupakan daerah wisata yang cukup terkenal di Manad0 selain Bunaken. Meskipun demikian, dengan masuknya Likupang ke dalam 5 Bali Baru Super Prioritas ini, membuktikan bawah Likupang memiliki potensi keindahan yang sama dengan 4 yang lainnya.

Pencerita dunia - 5 Bali Baru Super Prioritas Transmate11
foto : IDStime

Di kawasan Likupang ini nantinya akan dibangun resort, akomodasi wisata, fasilitas entertaintment, dan fasilitas MICE. Di luar area akan dikembangkan pula Wallace Conservation Center dan Yacht Marina, guna menyiapkan Likupang menjadi 5 bali Baru Super Prioritas.

Ada banyak destinasi yang cukuo menawan layaknya mutiara tersembunyi, sperti :Pulau Lihaga, Pantai Pulisan, Bukit Pulisan, Pulau Gangga, Pantai Sampirang, Pantai Paal Marinsouw, Pantai Pulisan, dan Ekowisata Bahoi.

Untuk meningkatkan konektivitas ke Likupang, pemerintah sendiri telah menetapkan rencana pengembangan infrastruktur jalan menuju kawasan Likupang, seperti pembangunan jalan tol Manado – Bitung sepanjang 39 kilometer dan pelebaran jalan bypass dari Bandara Sam Ratulangi ke Likupang sepanjang 31,5 kilometer. Terminal Bandara Sam Ratulangi juga akan diperluas. Dari kapasitas dua juta penumpang akan ditingkatkan menjadi enam juta penumpang.

Destinasi Likupang akan dilakukan peningkatan fasilitas di Pelabuhan Likupang, membangun Kapal Bottom glass di Bunaken, merehabilitasi Pelabuhan Penyeberangan Likupang, merehabilitasi Pelabuhan Penyeberangan Lembeh.

Transmate

Pencerita dunia - 5 Bali Baru Super Prioritas Transmate
foto : instagram.com/kemenhub151

Selain informasi tentang 5 Bali Baru Super Prioritas dan konektivitas apa saja yang sudah dan akan dikembangkan sampai dengan akhir 2020, pada acara tersebut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meresmikan Komunitas TRANSMATE.

Komunitas Transmate yang terdiri dari Influencer, blogger, vlogger dan selebram yang memiliki kepedulian terhadap perkembangan isu dan kemajuan sektor transfortasi.

Pencerita dunia - 5 Bali Baru Super Prioritas Transmate
foto : instagram.com/kemenhub151

Transmate merupakan singkatan dari “Trans” kependekan dari kata transportation atau transportasi, sedangkan “Mate” diambil dari kata dalam bahasa Inggris yang secara harfiah memiliki arti teman atau partner.

“Keterlibatan para influencer di media sosial yang concern dengan isu transportasi dangat diperlukan,” kata Sekretaris Jenderal, Kemenhub, Djoko Sasono pada acara tersebut.

Pencerita dunia - 5 Bali Baru Super Prioritas Transmate
foto : instagram.com/kemenhub151

Diharapkan, para influencer terutama yang mempunyai keahlian untuk berkomunikasi di media digital untuk turut bersama-sama memajukan sektor transportasi Indonesia. Sudah banyak hasil pembangunan infrastruktur transportasi yang sangat besar manfaatnya untuk kemajuan negeri yang perlu diinformasikan kepada masyarakat luas.

Diharapkan, para influencer dapat menceritakan kembali mengenai pembangunan tersebut sehingga tersampaikan dan terpublikasi ke masyarakat.

Nah… Pencerita Dunia, sebagai bagian dari Transmate yang ikut diresmikan kemarin, senang sekali berbagi tentang apa saja yang sudah dilakukan oleh pemerintah dalam mengembangkan dan meningkatkan dunia pariwisata di Indonesia.

Kuy Travelling.

 

About Pencerita Dunia - Eka Siregar

Halo.. panggil Bang Eka aja ya.. pada dasarnya saya senang jalan-jalan, makan dan mengerjakan atau mencoba hal-hal baru. Nah, di sini saya coba bagi ke teman-teman apa-apa yang telah saya lihat, dengar, dan rasakan sendiri. Silahkan dibaca-baca ya..

Check Also

pencerita dunia - hp spectre x360

HP Spectre x360 Terbaru, Mendorong Kreatifitas Berbagai Profesi ke Level Tanpa Batas

Halo sobat Pencerita Dunia (PD), 21 Nov 2019 lalu, Babang diundang ke acara peluncuran produk …

17 comments

  1. artikelnya keren bang eka, salam kenal blogger pemula

  2. Wahhh yg belum likupang ne… Tp borobudur juga udah lama. Wahh semoga semakin baik dan komplit transportasi menuju destinasi Bali baru ini ya, jd makin memudahkan para traveler baik yg ala sosialita maupun backpacker… Maju terus pariwisata Indonesia…

  3. Yang jadi perhatian saya si nomor 5, itu Pantai Likupang keren banget kayaknyasi. Apalagi masih belum terkenal seperti nomor 1 sampai nomor 4. Bali baru ini emang bisa banyak mengundang wisatawan dan semoga aja perekonomian warga sekitar dari sektor pariwisata bisa lebih baik lagi.

  4. Yang belum ke Labuan Bajo dan Mandalika. Foto Bang Eka di Labuan Bajo keren. Semoga setelah jadi 5 Bali baru, tempat tempat tersebut masih terpelihara kebersihanya.

  5. Wahhh Danau Toba kayaknya emang bagus banget buat dikembangkan lebih jauh.

  6. Belum pernah ke Likupang dan Mandalika. Wah, harus diagendakan nih, sebelum jadi ramai.

  7. Waa.. Seru acaranya. Setuju banget, buat jadiin destinasi wisata lain seterkenal Bali. Bayangin aja, banyak wisatawan asing kenal Bali tapi ga kenal Indonesia. Bahkan, mereka taunya Bali itu bukan di Indonesia. Hehe miris banget jadinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.